Info seputar, Cara membuat pupuk,Cara Menanam,Cara stek,Taman Hias,Obat herbal,Seputar Dunia Kesehatan Berserta Tips Sehatnya

 

Cara Pengobatan Penyakit Pada Tanaman Buah

Pengobatan Penyakit Pada Tanaman Buah –  Selain serangan hama yang dapat merusak tanaman hingga berujung kematian, ada juga yang namanya penyakit. Penyakit ini juga sangat berbahaya di dalam kehidupan tanaman. Berbagai macam jenis penyakit dapat menyerang tanaman dalam jangka waktu yang sangat singkat.
Penyakit yang terjadi pada tanaman ini dapat di sebabkan oleh kurang terjaga atau kurang bersihnya lingkungan yang ada di sekitar lokasi penanaman, sehingga penyakit dengan mudah menyerang pada tanaman yang ada di sekitarnya.
Pengobatan Penyakit Pada Tanaman Buah
Jangan bilang ada penyakit yang tidak berbahaya, pada dasarnya semua penyakit atau penyakit apa pun itu, pastinya sangat berbahaya bagi kehidupan tanaman. Maka dari itu, sekecil apa pun jenis penyakit yang menyerang pada tanaman tersebut, kita harus mewaspadainya.

Pengobatan Penyakit Pada Tanaman Buah

Ada banyak penyebab yang membuat tanaman terserang penyakit. Penyakit ini juga membuat tanaman menjadi lambat berbuah, bukan hanya menjadi lambat berbuah, tanaman yang di serang berbagai macam penyakit tersebut juga dapat mengalami kematian.
Bakteri yang biasa menyerang tanaman buah ini ialah antraknosa dan pseudomonas. Biasanya bakteri tersebut menyerang pada tanaman buah yang banyak mengandung air, seperti semangka, stroberi, melon dan pepaya. Bukan hanya bakteri, cendawan juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit.
Cendawan yang di maksud tersebut adalah berupa phythopthora dan fusarium. Jenis ini tidak terlalu berbahaya untuk tanaman, tetapi walaupun tidak terlalu berbahaya, kita juga harus mewaspadainya. Patogen yang terlihat berbahaya yaitu virus.
Virus ini dapat membuat tanaman menjadi sulit berkembang dan juga dapat mematikan tanaman dalam jangka waktu yang sangat singkat. Biasanya jenis tanaman yang banyak terserang virus ini ialah jeruk siam dan jeruk keprok.

Pengendalian penyakit pada tanaman buah

Sebaiknya lebih baik melakukan pencegahan di bandingkan dengan melakukan pemberantasan penyakit yang menyerang pada tanaman. Cara melakukan pengendalian pada penyakit tanaman buah ini bermacam-macam caranya.
Tetapi pemilik tanaman harus mengetahui jenis penyakit yang menyerang pada tanaman tersebut. Jika kita sudah mengetahui jenis penyakit tersebut, maka kita baru bisa melakukan pengendaliannya.
Serangan penyakit ini bisa di atasi dengan berbagai macam cara. Setiap jenis penyakit yang menyerang, harus di atasi dengan penanganan yang khusus.
Salah satu cara yang paling baik ialah, menjaga kebersihan lingkungan yang ada di sekitar lokasi penanaman tanaman buah. Selain itu, kita harus menanam bibit tanaman yang sehat dan terbebas dari serangan penyakit apa pun.
Jika di sekitar tanaman tersebut, ada penyakit yang menyerang tanaman lain. Maka tanaman yang telah terserang penyakit tersebut harus segera di musnahkan, agar tidak terjadi penularan.
Selain itu, kita juga harus rajin merawatnya. Seperti melakukan penyiangan, pemberian pupuk secara teratur dan melakukan penyiraman secara rutin. Semua itu mungkin akan membantu tanaman agar terbebas dari serangan penyakit pada tanaman.

Comments :

0 komentar to “Cara Pengobatan Penyakit Pada Tanaman Buah”

Post a Comment

BACA JUGA TAMAN STEK

Berita Terbaru

Blog Archive