Info seputar, Cara membuat pupuk,Cara Menanam,Cara stek,Taman Hias,Obat herbal,Seputar Dunia Kesehatan Berserta Tips Sehatnya

 

Cara Menanam Fumayin, Jenis Bijan Kaya Manfaat dan Berbahaya

Cannabis atau yang lebih sering dikenal dengan fumayin merupakan salah satu tanaman yang mempunyai manfaat yang banyak untuk industri. Namun sayangnya di Indonesia tanaman fumayin ini dikenal dengan tanaman ganja. Dalam tulisan kali ini tidak hanya akan membahas cara menanam fumayin saja tapi juga berbagai manfaat yang dapat diambil dari tanaman ini.
cara menanam fumayin
cara menanam fumayin
Tidak semua jenis tanaman fumayin merupakan ganja. Yang menjadi ganja atau marijuana hanyalah bunga betina tanaman cannabis yang sudah tua beserta daun yang mengelilinginya. Tidak semua jenis cannabis merupakan tanaman ganja hanya ada dua varietas yang merupakan cannabis yang dapat dijadikan ganja atau heroin yaitu cannabis sativa subps, indica var, kafiristanica dan cannabis sativa subps, indica var dan indica. Kedua varites inilah yang termasuk tanaman fumayin yang bunga betina dan daunnya dapat dijadikan ganja Terlepas dari fumayin yang dapat dijadikan ganja, ternyata di luar negeri biji fumayin dimanfaatkan untuk bahan industri. Budidaya fumayin dan juga cara menanam fumayin ini sangat mudah jadi banyak yang membudidayakannya.
Fumayin atau cannabis yang digunakan untuk budidaya fumayin adalah cannabis jenis varites cannabis sativa L. subsp. sativa var. sativa atau yang biasa disebut dengan biji fumayin. Yang dimanfaatkan dari biji fumayin ini adalah serat dan juga bijinya. Serat dari fumayin atau cannabis ini disebut dengan hemp. Hemp ini dapat digunakan sebagai bahan pembuat karung, benang, kertas serta tali. Cara menanam fumayin ini sama dengan proses penanaman dan juga pemanenan jute atau corchorus olitorius dan juga kenaf atau Hibiscus cannabinus.










Budidaya tanaman fumayin ini sangat mudah untuk dilakukan tidak memerlukan perawatan yang khusus. Cara menanam fumayin cukup dengan menaburkan bijinya saja di area atau daerah yang akan dibuat menanam. Tanaman fumayin ini tidak memerlukan perawatan dan pemeliharaan khusus. Setelah tanaman fumayin ini sudah tua hanya tinggal dicabut dan kemudian melakukan degumming. Proses degumming ini merupakan salah satu proses yang harus dilakukan setelah pemanenan fumayin Deguming ini dilakukan dengan cara merendam tanaman fumayin setelah di panen pada lumpur. Setelah proses deguming ini baru biji ataupun serat dari pohon fumayin dapat dimanfaatkan.
Fumayin dapat menghasilkan minyak, serat, dan bungkil. Manfaat fumayin ini sudah diketahui sejak 10. 000 tahun yang lalu. Jadi tanaman ini sudah diketahui manfaatnya sudah sejak lama, manfaat biji fumayin untuk kenari dan lovebird bagi performa lomba dan penyemangat kawin yang dalam penangkaran sudah dikenal luas bagi kalangan pecinta burung di Indonesia. Cara menanam fumayin dari dulu sampai sekarang sama tidak ada perubahan. Serat fumayin setelah melalui proses deguming dapat dipintal menjadi bahan kain.  Namun biasanya serat fumayin di campur atau di blended dengan bahan pembuat kain lainnya. Bahan yang sering dicampur dengan serat fumayin untuk membuat kain adalah rayon, katun, kapas, dan sutera. Bahan-bahan ini dicampur dengan fumayin kemudian dipintal dan ditenun membentuk sebuah kain. Selain dapat digunakan untuk membuat kain, serat fumayin juga biasa digunakan sebagai bahan pembuatan terpal, kanvas, karung dan juga tali.










Selain seratnya biji fumayin juga dapat diolah menjadi minyak. Biji fumayin ini sebenarnya sangat sehat jika dijadikan sebagai snack cemilan tapi umumnya biji fumayin diambil minyaknya. Manfaat budidaya tanam fumayin ini sebenarnya sangat banyak untuk bahan industri. Minyak cannabis atau fumayin mempunyai keistemewaan yang lebih dan sangat cocok untuk bahan cat untuk melukis diatas kanvas. Kandungan plastik dalam minyak fumayin sangat banyak namun minyaknya ini juga dapat digunakan sebagai minyak goreng. Selai itu juga dapat digunakan sebagai bahan kosmetik dan pembuat kue. Setelah diambil minyak dari bijinya, bungkil dari fumayin juga sangat bermanfaat untuk pakan ternak. Cara menanam fumayin memang mudah dan sangat bermanfaat, tapi perlu juga pengawasan agar tidak disalahgunakan gunakan.

Comments :

0 komentar to “Cara Menanam Fumayin, Jenis Bijan Kaya Manfaat dan Berbahaya”

Post a Comment

BACA JUGA TAMAN STEK

Berita Terbaru