Info seputar, Cara membuat pupuk,Cara Menanam,Cara stek,Taman Hias,Obat herbal,Seputar Dunia Kesehatan Berserta Tips Sehatnya

 

Cara Menanam Anggur Dalam Pot

Bingung bagaimana cara menanam pohon anggur dalam pot yang sederhana dan tidak ribet? Di bawah ini telah DaunKu rangkumkan tutorial penanaman anggur yang dapat Anda coba di rumah. Mari, langsung saja kita simak!
Tahap 1: Persiapan
1. Persiapan Bibit
Sebelumnya Anda harus menyiapkan bibit anggur terlebih dahulu. Untuk penanaman di dalam pot, bibit yang dipilih harus berkualitas baik dan sehat. Jika tidak, akan sangat merugikan waktu sekaligus usaha perawatan Anda. Saat ini terdapat banyak nursery dan toko online tanaman buah yang menjual bibit anggur dengan beragam varietas.
Apabila Anda kesulitan membeli bibit anggur, DaunKu melayani pesanan bibit anggur berkualitas baik untuk Anda. Silahkan kunjungi halaman penawaran di bawah ini:
Sedangkan untuk tutorial penyemaian dan perawatan bibit anggur hingga usia siap tanam, bisa dipelajari pada halaman petunjuk di bawah ini:
Cara Menanam Anggur dengan Stek Batang
2.  Media Tanam
Setelah bibit siap tanam sudah tersedia, maka dilanjutkan dengan menyiapkan media tanam berupa campuran tanah humus : pasir : pupuk kandang (1:1:1:). Pastikan tidak ada hama dan gulma apapun dalam media tersebut, supaya pertumbuhan anggur tidak terganggu.
Anda juga harus menyiapkan pot yang berkualitas, tahan panas dan hujan, serta kokoh. Karena pot tersebut akan digunakan hingga lebih dari setahun. Jangan sampai ketika anggur sudah mulai berbunga, justru pot mengalami kerusakan atau pecah.
3.  Insektisida
Tanaman anggur sangat rentan terserang hama. Sehingga, jika tidak diimbangi dengan pemberian insektisida, maka tanaman akan mengalami kerusakan berat oleh serangan hama tersebut. Oleh sebab itu, belilah insektisida merk Furadan 3G di toko pertanian terdekat.
4.  Penyangga Rambat
Anggur merupakan tanaman rambat. Untuk itu, siapkan kawat besi sebagai penyangga batang anggur. Belilah kawat yang memiliki ukuran cukup besar dan tidak mudah melengkung, supaya batang anggur dapat merambat dengan rapi.
1.  Langkah pertama, aduk seluruh media tanam hingga tercampur rata. Kemudian masukkan ke dalam pot sampai terisi penuh, diikuti pula dengan menanamkan bibit anggur pada bagian tengah pot. Setelah selesai, siram dengan air hingga seluruh media tanam basah.
2.  Langkah berikutnya, buatlah para-para (penyangga rambat) dari kawat besi dengan cara membentuknya seperti jaring-jaring kotak mengelilingi pot. Di sini, Anda bisa melakukannya sesuai kreatifitas masing-masing.
3.  Jika sudah, taburkan insektisida Furadan 3G pada sekeliling pot secukupnya atau sesuai dosis yang dicantumkan pada kemasan. Pastikan bahwa insektisida tidak mengenai batang anggur.
4.  Letakkan tanaman pada lokasi yang teduh (tidak terkena sinar matahari langsung) selama 1 minggu. Dan pastikan bahwa kelembaban media tanam terjaga.
5.  Setelah itu, pindahkan tanaman ke lokasi yang terbuka (terkena sinar matahari penuh) agar pertumbuhan tanaman dapat sempurna. Dan lakukan juga penyiraman setiap pagi agar media tanam tidak kekeringan.
Nah, itulah tutorial cara menanam anggur dalam pot. Cukup mudah, bukan. Apabila penaman sudah dilakukan, maka pelajari juga tutorial cara perawatan tanaman anggur hingga mencapai masa berbunga dan berbuah. Silahkan mempelajarinya pada halaman berikut ini:

Comments :

0 komentar to “Cara Menanam Anggur Dalam Pot”

Post a Comment

BACA JUGA TAMAN STEK

Berita Terbaru

Blog Archive